Selasa, Februari 09, 2010

PERNAHKAN ANDA BERTANYA APA BEKAL HIDUP ANDA ???

Pernakah anda bertanya, apa bekal hidup anda ? Jawabnya singkat jelas dan padat. UANG... ?! Benarkah ... ? mari kita bedah jawaban itu dalam goresan kecil ini. Dalam tradisi agama Hindu di Bali, Batara Rambut Sedana dipuja sebagai Dewi
Kesejahteraan yang menganugerahkan harta kekayaan, emas-perak (sarwa mule), permata dan uang (dana) kepada manusia. Masyarakat Pulau Dewata yang sebagian besar beragama Hindu secara ajeg ( konsisten )l memperingati hari pemujaan khusus kepada Batara Rambut Sedana pada Rabu Wage, Wuku Klawu atau lebih dikenal Buda Cemeng Klawu yang jatuh setiap 210 hari sekali. Perayaan Rairan/Hari Raya Suci/Piodalan Sri Rambut Sedana atau lazimnya sering disebut Rambut Sedana memiliki pengertian secara harfiah, “Sri”
yang berarti kemakmuran, dan “Sedana” berarti uang atau dengan kata lain bagian dari nafkah yang perayaannya dilakukan di setiap rumah tangga dan Pura di lingkungan desa adat. Sehingga di Bali perayaan Ritual dan Piodalan Ida Bhatari Rambut Sedana tidak hanya dilaksanakan di Pura-pura besar/ khayangan jagat, namun di dapat juga dilaksanakan di Sanggah atau Merajan atau Pura tertentu di masing-masing Desa Pekraman di Bali sesuai Desa Kala Patra. Dalam kartu bisa dilihat visualisasi dari Ida Bhatari Rambut Sedana, yang memliki rupa yang sangat cantik dan memilki bias sinaryang luar biasa. Di ubun-ubun beliau terpancar api kehidupan dan pada dasar beliau tercipta api Kundalini yang sangat Besar. Api ini bisa menghancurkan siapa saja yang melakukan tindakan/KARMA yang buruk terhadap Para Dewata. Setelah membaca sekilas tentang ulasan tadi sudah saya berikan kode kata yang berwarna biru " Karma " menurut pandangan orang Bali yang beragama hindu bekal dalam kehidupan ini adalah Karma . Karma dari perbuatan yang sudah pernah kita lakukan dalam kehidupan terhadulu. Karma yang sedang kita lakukakan dalm kehidupan sekarang dan karma yang akan kita tabung untuk kehidupan yang akan datang. Berdasarkan apa kita meraih karma ? Jawabnya DHARMA, dengan jalan yang benar/dramalah kita berbegang teguh untuk mencari ARTA (harta) dan dengan arta yang diperoleh jalan dharma lah kita memenuhi KAMA ( nafsu ) nafsu untuk belajar, nafsu untuk mengetahui dunia yang lebih luas, nafsu untuk mengenali lawan jenis, nafsu membina hubungan keluarga yang harmonis dan terakhir nafsu untuk bertemu dengan Sang Pencipta Ida Sang Hyang Widhi Wasa...... yang dikenal dengan MOKSA.

Demikian dulu sumbangan kecil dari saya.. s'moga bermanfaat..selamat merenung untuk hari esok yg lebih baik. Awignamstu.

Astina putra

Tidak ada komentar: