Senin, November 03, 2008

MENILAI vs MENGANALISA


pembaca yg terhormat .. moga-moga semua dalam keadaan sehat …
Untuk kali ini saya mencoba berbagai mengenai “ arti menilai dan arti menganalisa” dalam kehidupan yang carut marut seperti sekarang ini, kebanyakan orang hanya bisa menilai , memandang orang dengan sepintas lalu kemudian memberikan opini terhadap garak gerik orang yg mereka liat kemudian dengan sangat gampang membuat sebuah kesimpulan “ah… orang itu jelek, jahat miskin dll ….” Apakah ini dampak dari modernisasi dan alkulturasi budaya .??? jawabannya mungkin ya mungkin tidak!!! Hal ini tergantung dari dasar berpikir kita. Jika kita memang orang yg pernah merasakan manis pahitnya perjalanan hidup… maka tidak akan mudah menarik kesimpulan seperti diatas….! Pasti dengan pelan,sabar, dan melakuakn analisa terlebih dulu baru menarik kesimpulan.

Globalisasi atau pergaulan lintas negara memang mempunyai dampak yang sangat luas baik dari sisi positif dan negatif namum kembali lg pada jati diri kita masing masing.

Lebih baik meganalisa dari pada menilai ..dengan analisa kita mempunyai alasan yang kuat untuk memberikan penilaian terhadap seseorang dan berdasarkan hasil analisa kita bisa memberikan solusi terhdap kendala/masalah yang di hadapi oleh saudara kita.

Saudra semua.. pada saat menulis artikel ini , pikiran saya sedang kalut dan heran dengan orang yang menilai orang seperti yang saya ungkap diatas…

Memang susah jadi orang “lurus” di jaman ini, “Maju Kena mundur kena” sudah baik di bilang cari perhatian dan keuntungan semata, tidak baik dibilang dengki, kikir, pelit dsb. Jadi intinya kita harus " BAGUS" Bertahan Alim dan Ga Usah Stess... OK ! Ingat Pesan Dewa Gana diatas ... Selamat mencoba...

1 komentar:

Unknown mengatakan...

it's nice.